4 Jenis Social Media Campaign yang Perlu Anda Ketahui

Media sosial menjadi platform terbaik untuk melakukan pemasaran digital. Dalam menjalankannya, Anda harus menyiapkan yang namanya social media campaign atau kampanye media sosial. Secara sederhana, kampanye media sosial adalah aktivitas pemasaran digital yang dipakai pelaku bisnis menggunakan platform media sosial. Mulai dari TikTok, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Biasanya, kampanye media sosial memiliki tema khusus pada periode waktu tertentu. Tema tersebut harus relevan dengan tujuan kampanye yang akan dijalankan. Sebelum merancang kampanye media sosial, Anda perlu mengetahui jenis-jenis berdasarkan tujuannya. 

4 Jenis Social Media Campaign

Langsung saja, berikut ini adalah jenis-jenis kampanye media sosial:

1. User Generated Content (UGC)

Jenis kampanye media sosial yang pertama adalah User Generated Content (UGC). Pada jenis kampanye media sosial ini, pelanggan dapat membagikan pengalaman menggunakan sebuah produk atau jasa. Cara membagikan pengalaman tersebut tentu saja melalui konten dan tagar atau hashtag khusus di media sosial.

UGC ini hampir mirip dengan testimoni pelanggan karena menampilkan review atau pengalaman menggunakan sebuah produk atau jasa. Biasanya, pelanggan yang mengikuti kampanye media sosial jenis UGC mendapatkan keuntungan tertentu. Misalnya produk gratis, voucher belanja, dan lain sebagainya. Selain itu, pelanggan juga memiliki kesempatan untuk terlihat di halaman media sosial sebuah brand.

2. Brand Awareness Campaign

Jenis social media campaign selanjutnya adalah brand awareness campaign. Sesuai dengan namanya, tujuan utama dari brand awareness campaign yaitu meningkatkan brand awareness atau ketertarikan audiens terhadap sebuah produk.

Biasanya, brand awareness campaign juga dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan menjaga eksistensi dari sebuah brand. Jika menggunakan jenis campaign ini, maka Anda bisa menentukan bagaimana brand tampil di hadapan target audiens. Secara tidak langsung, Anda bisa mempengaruhi pandangan dan keyakinan mereka terhadap produk Anda. 

3. Campaign Launching Product

Sesuai dengan namanya, campaign launching product merupakan kampanye media sosial terhadap produk yang baru dirilis. Jika melakukan campaign launching product, maka brand bisa fokus pada konten untuk menyampaikan pesan dan informasi penting dari produk baru.

Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat produk atau jasa pada target audiens. Saat melakukan kampanye, Anda bisa memanfaatkan pengaruh dari influencer. Influencer memiliki eksposur yang berpotensi meningkatkan jangkauan target pasar. Namun, pastikan memilih influencer yang relevan dan tepat. 

4. Giveaway

Jenis kampanye media sosial yang terakhir yaitu giveaway. Akhir-akhir ini banyak perusahaan yang menerapkan jenis pemasaran ini karena memberikan hasil yang positif. Tujuan utama giveaway biasanya adalah meningkatkan engagement dan memperkenalkan sebuah brand

Anda bisa melihat hasil kampanye melalui jumlah share, like, comment, atau follower. Sayangnya kampanye media sosial melalui giveaway memiliki kekurangan yaitu partisipasi audiens yang kurang relevan atau dikenal dengan istilah giveaway hunter

Inilah Agensi untuk Social Media Marketing

Menjalankan kampanye media sosial bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda belum pernah menjalankannya sebelumnya. Namun jangan terlalu khawatir, social media agency hadir untuk membantu menjalankan kampanye di media sosial.

Sesuai dengan namanya, agensi ini membantu menjalankan pemasaran di media sosial. Tim yang ada di dalamnya akan membuat social media campaign yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan bisnis Anda. Rekomendasi agensi media sosial terbaik yang bisa Anda pilih adalah IDEOWORKS.

Agensi yang berlokasi di Jakarta ini memang terkenal dengan kompetensi dan berbagai keunggulannya. Salah satu keunggulannya yaitu pengalaman bekerja sama dengan banyak perusahaan besar. Contohnya seperti The Palace Jeweler, Bank Sinarmas, Bank Danamon, dan masih banyak yang lainnya. Jangan lupa hubungi tim IDEOWORKS melalui website resmi!