Kenali Beberapa Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Kenali Beberapa Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Sejak masih didalam kandungan seorang ibu pasti selalu memantau proses pertumbuhan bayinya. Sampai waktu persalinan tiba, segala hal kita persiapkan d

TAHAPAN TUMBUH KEMBANG ANAK UMUR 2 – 3 TAHUN
Memenuhi Kebutuhan Anak Secara Bijak

Sejak masih didalam kandungan seorang ibu pasti selalu memantau proses pertumbuhan bayinya. Sampai waktu persalinan tiba, segala hal kita persiapkan demi menyambut anggota keluarga baru. Proses tumbuh kembang anak dari bulan satu ke bulan berikutnya terasa begitu cepat. Harapan seorang ibu tentu ingin supaya pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan baik.

Akan tetapi proses pertumbuhan serta perkembangan setiap anak itu tidak selalu sama, ada yang cepat ada pula yang bisa dibilang terlambat. Semua itu merupakan hal yang wajar terjadi pada proses tumbuh kembang seorang anak. Akan tetapi selaku orang tua kita harus tetap memantau pertumbuhan si kecil, jangan sampai perkembangannya terhambat gara-gara kita tidak jeli terhadap setiap tahapan tumbuh kembangnya.

Pada umumnya terdapat empat tahapan tumbuh kembang anak mulai dari usia 0-5 tahun yang harus diketahui oleh kita sebagai orang tua diantaranya :

1. Usia 0-1 tahun

Pada usia dibawah 1 tahun biasanya seorang bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Sewaktu bayi sedang tidur maka disaat itu juga pertumbuhan indra pendengaran, penglihatan dan perasa akan berkembang. Pada usia ini biasanya proses pertumbuhan anak  terus berkembang dari mulai tengkurap, duduk sampai merangkak.

2. Usia 1-2 tahun

Menginjak usia 1 tahun biasanya seorang anak mulai belajar berjalan secara perlahan, baru setelah usia 15 bulan si anak biasanya sudah bisa berjalan dengan cepat bahkan sudah bisa menendang bola. Mulai mengenali apa saja yang ada di sekitarnya, berusaha mengeluarkan kata-kata yang bersifat umum seperti mama, papa, mimi. Pada usia ini biasanya si kecil akan menangis jika bertemu dengan orang asing.

3. Usia 3 tahun

Pada usia 3 tahun biasanya anak sudah mulai aktif bermain bahkan sudah bisa naik sepeda roda tiga. Kata-kata yang diucapkannya sudah mulai dipahami oleh orang tua, bahkan sudah bisa nyambung jika diajak ngobrol.

4. Usia 4-5 tahun

Di usianya yang semakin dewasa biasanya anak lebih memilih bermain bersama teman sebayanya. Sudah mulai menyenangi sesuatu hal misalnya membaca, menggambar serta bermain alat musik.

Nah itulah beberapa tahapan tumbuh kembang anak yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: