Proses Belajar Saat Bermain

Proses Belajar Saat Bermain

Bermain merupakan dunia yang sangat disukai oleh anak. Hampir seluruh waktu yang dimilikinya ia habiskan dengan bermain. Baik bermain sendiri ataupun

Belajar Di Luar Negeri Bersama Universitas Indonesia
Solusi Untuk Kuliah Desain
Fakultas farmasi Universitas Indonesia

Bermain merupakan dunia yang sangat disukai oleh anak. Hampir seluruh waktu yang dimilikinya ia habiskan dengan bermain. Baik bermain sendiri ataupun bermain dengan teman sebayanya. Ada beberapa macam permainan yang dilakukan oleh anak, ada permainan yang dimainkan oleh satu gender saja. Contohnya seperti bermain layang – layang yang merupakan jenis permainan anak laki  laki. Ataupun bermain boneka yang umumnya dimainkan anak perempuan.

Pada saat bermain seorang anak sebenarnya sedang belajar berbagai hal baik itu permainan anak laki  laki maupun perempuan. Karena bermain merupakan cara seorang anak untuk mengenali diri dan lingkungannya. Berikut adalah beberapa hal yang dipelajari anak saat sedang bermain :

  1. Belajar berkomunikasi, saat anak bermain ia sebenarnya sedang mengambangkan kemambuannya dalam berbicara dan berkomunikasi, terutama jika permainan yang dilakukannya bersama dengan tan sebayanya. Saat bermain ia akan mulai belajar merangkai kalimat dengan benar, mengutarakan pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
  2. Belajar bekerja sama, sering kali permainan yang dimainkan anak mengelompokkannya ke dalam satu regu. Dan regu tersebut harus melawan regu lain untuk memenangkan permainan. Pada kondisi seperti ini diperlukan kerjasama tim yang baik agar dapat memenangkan pertandingan. Pada saat inilah anak akan belajar bekerjasama.
  3. Belajar menerima kekalahan, dalam permainan yang dimainkan oleh anak terkadang ada kalanya terdapat dua pihak yaitu pihak yang menang dan pihak yang kalah. Jika anak kita berada pada posisi yang kalah, maka anak akan belajar bahwa dalam sebuah permainan kalah dan menang adalah hal yang bisa, sehingga anak akan belajar berlapang dada menerima kekalahannya.

Untuk dapat memainkan permainan anak laki  laki ataupun perempuan diperlukan energi yang tidak sedikit. Sehingga nutrisi tubuh yang diperlukan anak harus diperhatikan dengan baik. Untuk memenuhi nutrisi tubuh tersebut berilah anak makanan yang baik dan bergizi. Dan salah satu makanan yang dapat anda percaya kandungan dan nilai gizinya adalah makanan yang di produksi oleh nestle. Ada banyak sekali produk makanan yang diproduksi oleh nestle mulai dari susu anak hingga makanan ringan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0