Tips dari Provitamon.com Agar Anak Mau Makan Nasi

Apakah anak balita Anda masih malas makan makanan dalam bentuk nasi?. Tentu hal ini cukup membuat pusing Anda untuk mencari solusi agar anak mau makan nasi. Perlu Anda ketahui bahwa dampak balita susah makan sangat luas, mulai dari masalah gizi, proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Bahkan perkembangan otak bayi Anda bisa terhambat karena masalah makanan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Tuhan tidak akan menciptakan masalah tanpa solusinya. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda gunakan agar anak mau makan nasi.

Cara mengatasi agar anak mau makan nasi yang pertama adalah hindari snack atau camilan menjelang waktu makan. Jangan Anda membiarkan Anak anda makan camilan sebelum makan. Dampaknya sudah jelas, dia akan malas makan saat waktu makan nasi tiba. Karena kudapan akan membuat anak memiliki rasa kenyang dan makan nasi menjadi hal yang menjenuhkan bagi si Kecil.

Kedua, jangan perintah anak Anda untuk makan dengan cepat. Namanya juga anak-anak, masuk akal jika makannya lambat. Bebaskan dia untuk makan tanpa menegurnya, karena dengan menekan anak saat ia makan justru akan membuat mood makannya jadi berantakan.

Ketiga, atur waktu makan dengan tepat. Tetapkan waktu makan bagi anak agar bisa disiplin. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat jadwal makan secara tertulis. Anda bisa menyisipkan di kamarnya agar Anda tidak perlu mengingatkannya. Karena jika anak yang terlalu sering diburu oleh orang lain akan membuatnya jenuh dan justru tidak disiplin dalam hal makan.

Keempat adalah libatkan anak dalam menyiapkan menu. Cara ini terbukti efektif membuat anak lebih gemar makan, hal ini karena ia merasa ikut andil dalam menyiapkan makanan sehingga menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap makanan. Jika dia merasa bertanggung jawab maka akan ada keinginan untuk menghabiskan makanannya.

Kelima yakni biarkan anak memilih menu makan. Biarkan Anak memilih menu makan apa yang akan dimasak hari ini. Mama bisa bertanya apa yang dia inginkan untuk makanannya hari ini. Dengan cara ini anak akan merasa lebih dihargai dan akan lebih antusias makan. Cobalah untuk memasukkan pendapat si Kecil bila Anda ingin melakukan sesuatu untuknya .

Cara keenam adalah jangan sekali-kali menggunakan kekerasan. Meski menghadapi anak sulit untuk makan itu menyebalkan, tapi jangan sekali-kali menggunakan kekuatan untuk memukul anak kecil Anda. Meski dengan cara itu berhasil membuatnya makan, namun ia akan makan dengan dasar rasa takut kepada Anda bukan atas dasar kehendaknya sendiri.

Cara mengatasi agar anak mau makan nasi yang terakhir adalah dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan. Salah satu contoh vitamin yang baik untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan memberinya madu.

Misalnya yakni madu provitamon, madu ini bisa memberi manfaat pada anak selain sebagai vitamin otak, penambah nafsu makan, tapi juga untuk menjaga daya tahan tubuh. Selamat mencoba.