Tips untuk Pemula, Cara Membuat Pudding Enak dan Hemat

Pudding adalah makanan yang disukai oleh semua kalangan, baik dari anak balita sampai yang sudah tua, semua menyukainya. Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna juga membuat pudding menjadi favorit keluarga. Bukan hanya itu saja, sekarang pudding sudah memiliki aneka ragam bentuk dan rasa yang semakin unik, jadi rasanya gak akan puas sampai kapanpun kalau makan pudding.

 

Komposisi utama membuat pudding selain agar-agar dan susu, adalah gula. Meskipun kadang kalanya harga gula pasir naik, pudding tetap menjadi pilihan sajian yang harus ada disetiap kesempatan. Eh tapi, beberapa bulan terakhir gula pasir sudah memiliki harga tetap ya.. Yaitu 12.500 rupiah, jadi bikin pudding pun semakin menyenangkan dan murah tentunya.

Bagi kamu yang menyukai pudding seperti saya, ada beberapa tips membuat pudding yang enak dan bisa berhemat. Atau mungkin ini adalah pertama kalinya kamu ingin membuat puddingmu sendiri, jadi jangan ragu untuk mengikuti tips ini ya:

Menyiapkan bahan untuk membuat pudding

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan pudding itu sendiri. Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk pudding ini di supermarket atau minimarket. Kalau mau lebih murah, kamu bisa membelinya di pasar tradisional, selain bisa menawar, harga yang dibanderol di pasar tradisional juga lebih murah dari pada di minimarket atau supermarket yang memberikan harga pas.

Bahan yang harus kamu beli adalah, agar-agar bubuk, gula pasir, susu kental manis. Untuk bahan utama ini, estimasi biayanya adalah: harga gula pasir di Bukalapak per kilogram Rp.12.500, dipasar tradisional kamu bisa dapatkan dengan harga 10.500 rupiah dan paling mahal 12.000 rupiah. Harga agar-agar bubuk merk swallow adalah 4.000 rupiah per bungkus sedangkan susu kental manis sekitar 10.000 per kaleng. Kamu bisa dapatkan harga yang lebih murah jika membeli di pasar tradisional, yaitu sekitar 8.000 sampai 9.000 rupiah saja.

Menggunakan santan kelapa

Pudding yang dibuat dengan santan kelapa juga gak kalah enaknya dengan pudding yang terbuat dari susu kental manis. Ada baiknya, kamu mengganti susu kental manis dengan santan kelapa. Selain harga kelapa yang lebih murah, pudding dengan santan juga menciptakan rasa gurih yang luar biasa. Bahannya sama saja seperti membuat pudding susu, hanya saja, kamu bisa menambahkan sedikit garam untuk menambah rasa pudding yang sempurna dengan perpaduan rasa manis dan gurih.

Membuat pudding mix

Rasa pudding yang enak juga bisa tercipta dari perpaduan dua rasa yang ada didalam satu loyang atau cetakan. Misalnya saja, kita bisa mencampur pudding susu warna hijau dengan pudding santan kelapa warna merah. Rasa yang dihasilkan akan berbeda dengan pudding susu saja. Emmm sudah bisa membayangkan bukan?

Membuat fla pudding

Salah satu seni menikmati pudding adalah dengan menggunakan fla. Fla ini biasanya dibuat dari susu dan putih telur. Atau beberapa orang juga akan menambahkan beberapa rasa buah-buahan. Namun, bahan utama pembuatan fla terdiri dari tepung maizena, susu, air, margarin dan tentu saja gula pasir.

Bagaimana? Sudah berencana membuat puddingmu sendiri dirumah dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan diatas. Untuk yang mungkin memang benar-benar awam dan masih pemula banget, jangan lupa membaca petunjuk pembuatan agar-agar saat akan membuat pudding. Atau yang mau simple dan gak pake mikir bikin puddingnya, sudah banyak sekarang dijual pudding langsung jadi dalam kemasan sachet. Selamat mencoba, foodies!