Berita Dunia Politik Yang Sedang Hangat

Pemilihan umum merupakan salah satu perhelatan yang kerap ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dalam perhelatan ini masyarakat diberikan haknya sebagai warga negara untuk memilih wakilnya di lembga legislatif. Bahkan beberapa waktu terakhir masyarakat telah diberikan kebebasan dalam memilih presiden dan wakil presidennya secara langsung tanpa harus di wakilkan pada anggota legislatif. Hal ini menyajikan atmosfer baru dalam kehidupan berpolitik di Indonesia. Sehingga berita dunia politik menjadi incaran seluruh kalangan masyarakat.

Berita Dunia
Berita Dunia

Besarnya minat masyarakat pada berita dunia politik, menjadikan mulai maraknya berita politik di berbagai media baik media elektronik, ataupun media sosial dan media di dunia maya. Hal ini menjadi sasaran empuk fiha-fihak yang ingin mengambil keuntungan sehingga mulailah mengedarkan berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Dan berita semacam ini disebut dengan Hoax. Bagaimana cara menyaring berita seperti ini? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan :
Pastikan Siapa yang Menerbitkan/membagikannya

Akses informasi di dunia maya memang sangat mudah untuk dibuka, namun dapat menyebar dengan cepat. Sehingga menjadi salah satu cara yang ampuh dalam menyebarkan hoax. Untuk menghindarinya pastikan penerbit berita itu terpercaya. Salah satu penerbit seputar berita dunia politik terpercaya adalah matamatapolitik.com. Sebuah situs yang selalu mengupdate berita politiknya setiap hari, namun dengan bahasa yang lugas dan santun serta beimbang. Sehingga dapat dipastikan berita yang dikeluarkannya bukan berita Hoax.

Selidiki Sumbernya
Berita Hoax biasanya bertujuan untuk menurunkan elektabilitas salah satu lawan politik. Maka berita jenis ini biasanya tidak memiliki sumber terpercaya. Sehingga ketika Anda menerima informasi atau berita pastikan berasal dari sumber yang benar dan sudah dikonfirmasi. Matamatapolitik.com kerap mencantumkan nama nara sumber bagi seluruh beritanya sehingga menjauhkannya dari berita hoax.

Pastikan Nama penulis atau Tim redaksi
Berita resmi sudah dapat dipastikan berasal dari nara sumber yang jelas, dan ditulis oleh penulis yang benar, serta disunting oleh tim redaksi yang profesional. Dengan demikian pada berita seperti ini penulis atau tim redaksi tidak akan enggan mencantumkan namanya pada berita yang ditulisnya. Hal sudah dapat dipastikan hal tersebut tidak akan terjadi pada berita hoax.
Menjadi masyarakat yang cerdas dalam menyaring berita menjadi salah satu poin penting untuk keberhasilan pemilihan umum pada tahun 2019 kelak. Maka pastikan Anda mencari informasi lengkap, benar dan pastikan bukan hoax.