Jenis-jenis Kalender Kesuburan yang Umum Digunakan

Masa subur seorang perempuan tidak bisa diketahui hanya dengan satu kali tahap. Beberapa tahap perlu dilakukan untuk mendapatkan perkiraan masa subur yang akurat. Bahkan masa subur perlu dikenali dalam kurun waktu setidaknya 8 bulan. Dalam masa itu, banyak pendukung akan bekerja untuk mendapatkan data yang akurat, salah satunya yaitu kalender kesuburan.

Istilah kalender masa subur pasti sudah sangat familiar terutama di kalangan perempuan. Kalender ini digunakan sebagai penanda datangnya masa subur yang berguna sangat penting bagi perempuan. Untuk keberhasilan kehamilan, kalender ini pasti bisa sangat membantu. Bahkan untuk yang ingin menghindari kehamilan, kalender masa subur ini juga bisa dijadikan pedoman.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Selama ini ada banyak metode yang digunakan untuk menghasilkan kalender masa subur. Masing-masing metode tentu memiliki perhitungan masing-masing. Soal akurat atau tidaknya, kalender ini bukan jaminan sepenuhnya tentang keberanaran datanya. Namun data yang didapat tetap bisa dijadikan referensi untuk mengambil keputusan selanjutnya berkaitan dengan masa subur.

Jenis kalender kesuburan pertama yaitu yang bisa diakses secara online. Dalam penggunaannya, Anda akan diminta memasukkan informasi berupa hari pertama menstruasi terakhir. Dari informasi tersebut, kalkulator akan mengolah dan menghasilkan prediksi kapan masa ovulasi terjadi dan kapan Anda mengalami masa subur. Jenis kalkulator semacam ini terbilang praktis dan cepat dalam penggunaannya.

Jenis lain yaitu pengukuran suhu basal tubuh yang menjadi salah satu ciri datangnya masa subur pada perempuan. Informasi mengenai suhu basal tubuh yang akurat harus diperoleh saat pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum memulai aktivitas lainnya. Adanya peningkatan suhu basal tubuh dikenal sebagai tanda masa subur pada perempuan.

Dari kedua jenis di atas, semua fungsinya terdapat pada Femometer. Alat pengukur suhu basal tubuh itu mampu memberikan data yang lebih akurat. Namun Anda harus menghubungkannya dengan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk menerjemahkan data dari Femometer. Kemudian akan terlihat kalender masa subur dengan perkiraan yang lebih akurat.

Sudah bukan alasan lagi sulit mengenali masa subur karena sekarang sudah ada banyak jenis kalender kesuburan. Masing-masing jenis membawa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika ingin fitur yang lengkap, gunakan Femometer.