Tiga Sumber DHA Untuk Perkembangan Janin

DHA telah lama dikenal luas sebagai nutrisi penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. DHA atau docosahexaenoic acid berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak, syaraf, jantung, dan mata bayi.

Manfaat DHA bagi otak dan kognisi bayi.
Asupan DHA selama kehamilan dan 1000 hari pertama terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan. Anak yang mendapatkan DHA memperoleh short IQ yang lebih tinggi 20 poin daripada anak yang tidak mendapatkan asupan DHA.

perkembangan janin
perkembangan janin

DHA bagi kesehatan mata dan jantung bayi.
DHA membantu memperkuat otot mata dan jantung, dan meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan si kecil.  Asupan DHA yang cukup juga akan mencegah terjadinya mata juling akibat otot-otot mata yang tidak sempurna.

DHA untuk perkembangan saraf bayi.
Pada seribu hari pertama, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf terjadi sangat pesat. Dimulai saat di dalam kandungan, lalu hingga usia dua tahun dan berlanjut hingga akhir usia emas si kecil. DHA yang cukup akan merangsang perkembangan sel otak dan sinaps. Perkembangan otak dan sambungan sinaps yang optimal akan berpengaruh pada kognisi bayi.

Beberapa makanan yang mengandung DHA tinggi berikut wajib menjadi menu bagi ibu hamil. DHA pad a ibu hamil, selain membantu perkembangan janin di dalam kandungan juga meningkatkan mood ibu. Jika kekurangan asupan DHA, tubuh akan mengambilnya dari tubuh ibu.

Salmon
Ikan ini terkenal akan kandungan gizi yang tinggi. Selain DHA, salmon juga tinggi protein, mineral, dan zat gizi lainnya. Jika ibu kesulitan memperoleh salmon, maka ikan tenggiri bisa menjadi ikan pengganti karena kandungan DHA nya juga tidak kalah tinggi.

Teri
Ikan teri yang kerap dijadikan menu makanan tradisional ternyata bukan hanya tinggi kalsium. Kandungan DHA nya juga cukup tinggi.

Sarden
Sarden, baik yang telah dikalengkan maupun yang segar, dipercaya mengandung DHA dan protein tinggi. Hanya saja ada kekhawatiran akan kandungan merkuri pada ikan tersebut.

Tiga jenis makanan di atas dapat memenuhi kebutuhan DHA ibu hamil demi perkembangan janin yang sempurna. Dokter juga biasanya akan memberi supplemen DHA dan omega 3 untuk memastikan ibu hamil dan janin yang dikandungnya tidak kekurangan DHA.