Apa Saja yang Harus Anda Pelajari di Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informasi merupakan industri yang mendapat perhatian banyak anak muda, terutama mereka yang bersiap memasuki universitas. Ada banyak disiplin ilmu yang berbeda dalam teknologi informasi dan setiap profesi memiliki karakteristik yang unik. Ini mungkin pertanyaan yang membuat heran banyak orang yang tertarik dengan jurusan teknik informatika. Pada artikel ini, Anda bisa mendapatkan beberapa informasi tentang pertanyaan ini, bersama-sama untuk referensi!

Jaringan Komunikasi Komputer

Industri ini memberikan pengetahuan umum yang berkaitan dengan jaringan komputer dan komunikasi seperti switching dan routing, LAN dan WAN, sistem operasi, desain sistem jaringan.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Ini adalah disiplin ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip jaringan, bagaimana merancang dan membangun sistem jaringan dari intranet hingga jaringan area luas yang terhubung secara global. Secara bersamaan, industri Jaringan teknik informatika juga membekali peserta didik dengan keterampilan tingkat lanjut dalam mengembangkan aplikasi pada sistem komputer jaringan menengah hingga lanjutan.

Teknik Komputer

Jurusan teknik informatika adalah studi tentang prinsip dan metode untuk merancang dan mengembangkan sistem perangkat keras dan perangkat lunak untuk pengoperasian perangkat keras tersebut. Teknik komputer tercakup dalam banyak aspek komputer, dari desain sirkuit elektronik sederhana hingga desain mikroprosesor, komputer pribadi, dan bahkan superkomputer. 

Terutama dalam desain sistem tertanam yang digunakan di sebagian besar peralatan listrik/elektronik seperti telepon seluler, mobil, pengontrol di mesin, robot industri.

Informatika adalah bidang ilmu dan teknik khusus yang berkembang dalam aplikasi industri abad ke 21. Penerapan teknologi informasi (IT) dan teknologi komputer dapat meningkatkan fungsionalitas, fleksibilitas, efisiensi dan konsistensi dalam menyelesaikan masalah teknis dasar.

Keberhasilan dan kemajuan yang berkelanjutan di bidang ini, telah menjadi penting bagi perekonomian banyak negara karena kehadiran Teknologi Informasi di hampir setiap produk, atau proyek. Efektivitas dan efisiensi solusi IT dalam industri nasional berdampak langsung pada daya saing industri suatu negara dalam perekonomian global. Penerapan solusi IT membawa perubahan di hampir semua bidang di banyak industri, terutama di bidang konstruksi.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Informasi

Jika Anda akan melamar masuk Universitas dan bertanya-tanya tentang memilih antara disiplin ilmu di bidang teknik. Berikut adalah 3 alasan mengapa Anda harus memilih jurusan teknik informatika, di IDS Digital College.

  • Kualitas, program kelas yang fleksibel

Program pelatihan teknik informatika dirancang secara fleksibel, bisa kapan saja. Namun, dengan strategi dan rencana belajar Anda sendiri, Anda dapat sepenuhnya menyelesaikan program pelatihan lebih awal.

  • Lingkungan belajar yang dinamis, fakultas yang berkualitas

Mahasiswa jurusan teknik ini, selain mempelajari ilmu dasar dan khusus, juga akan diupdate dengan pengetahuan baru tentang iptek. Selain itu, Anda juga memiliki akses ke peralatan dan mesin laboratorium modern di laboratorium Fakultas IDS Digital College. Selain pelajaran utama yang bermanfaat di ruang kuliah, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam taman bermain akademik yang menarik. Tempat berkumpul dan mengembangkan minat untuk belajar, penelitian, pengembangan, dan peningkatan, soft skill yang diperlukan sebelum lulus.

  • Magang di perusahaan konsultan, desain teknik dan pemrograman aplikasi.

Mulai tahun ketiga, mahasiswa diberikan kesempatan untuk praktek, mengikuti konsultasi, desain dan proyek, dan perusahaan pemrograman aplikasi software konstruksi di daerah tersebut. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk mengasah dan mempelajari lebih banyak ilmu serta mendemonstrasikan kemampuannya sendiri dari lingkungan luar kuliah.

Belajar di IDS Digital College, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi gelar Master di Fakultas atau lembaga pelatihan pascasarjana. Ide penelitian yang bagus, soft skill akan membantu Anda dengan percaya diri melamar beasiswa di universitas-universitas di Eropa, Asia.