Langkah Membuat Pot Bunga Minimalis dari Beton

Pot bunga dari beton saat ini mulai populer lantaran memiliki banyak kelebihan seperti lebih kuat, tahan lama, hingga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Ya, Anda bisa membuat pot bunga minimalis dari beton sendiri tanpa membelinya. Cara pembuatannya juga sangat mudah sekali. Bahkan Anda yang belum pernah membuatnya bisa membuat sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti jika Anda ingin membuat pot bunga dari beton:

Pilih Cetakan, Kemudian Lapisi Cetakan

Hal paling penting jika ingin membuat pot bunga minimalis dari beton sendiri adalah memilih cetakan. Pasalnya cetakan ini akan berpengaruh pada model pot yang akan jadi. Pilih dua cetakan dengan bentuk yang sama namun ukurannya berbeda.

Selisih dari kedua pot ini nantinya akan menjadi ketebalan pot, jadi harus diperhitungkan dengan baik. Setelah memilih cetakan, lapisi cetakan tersebut dengan minyak tanah, pelumas, atau bensin agar nanti mudah dilepas.

pot bunga minimalis dari beton
pot bunga minimalis dari beton

Campurkan Beton

Gunakan sarung tangan sebelum Anda mencampurkan beton. Tujuannya agar tangan Anda belepotan dan malah kesulitan untuk proses selanjutnya. Pastikan komposisi campuran beton yang Anda buat sudah sesuai agar pot bunga Anda berkualitas. 

Tuang Beton Pada Cetakan

Jika sudah selesai mencampur beton dengan komposisi yang tepat, selanjutnya tuangkan Adonan beton pada cetakan yang telah disiapkan sebelumnya. Tambahkan batu atau kerikil kecil sebagai jalan air agar lebih mudah meresap. Selain dengan cara ini, Anda bisa membuat jalan air dengan melakukan pengeboran setelah pot bunga kering.

Keringkan Selama 2 Hari

Proses pengeringan bisa berbeda-beda, tergantung matahari yang ada di wilayah Anda. Namun pada umumnya, pot bunga bisa kering dalam waktu sekitar 2 hari. Jika musim hujan, bungkus pot yang belum kering dengan plastik agar tidak rusak.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat pot bunga minimalis dari beton. Sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk memilih material berkualitas agar hasilnya juga berkualitas sesuai harapan Anda. Pilih pasir yang tidak banyak mengandung air sehingga mudah merekat.

Sedangkan pilihan semen terbaik untuk Anda adalah Semen Tiga Roda. Semen ini memiliki kualitas yang baik karena sudah berstandar SNI. Gunakan Semen Tiga Roda warna abu atau putih sesuai kebutuhan Anda.