Beberapa Faktor Penyebab Anak Susah Tidur

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun susah tidur kerap dialami oleh anak- anak bahkan bayi juga bisa mengalami susah tidur. Dampak anak susah tidur justru akan menjadi lebih buruk karena dapat berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. Perkara anak susah tidur terkadang sulit di tebak. Karena, bisa jadi kondisi ini disebabkan pleh penyebab yang tidak pasti. Di suatu hari lainnya mereka sulut tidur karena ketakutan. Kondisi tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan.

Karena tidur merupakan kebutuhan yang penting untuk pertumbuhan anak, jadi tentu saja harus dipenuhi. Dimana kebutuhan tidur anak 10-11 jam per hari. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita harus mengenali penyebab- penyebab umum anak susah tidur, diantaranya:

anak susah tidur
anak susah tidur
  1. Merasa ketakutan

Merasa ketakutan pada saat memasuki jam tidur merupakan salah satu penyebab anak mengalami susah tidur. Ketika hendak akan tidur, sebagian anak merasa takut akan kegelapan atau tidak suka sendirian. Bahkan dalam imajinasinya, mereka dapat mendengar suara- suara yang menyeramkan yang semakin membuat takut dan sulit tidur. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, ketakutan tersebut biasanya akan memudar bahkan tidak merasa takut lagi.

  1. Merasa tidak nyaman

Pada saat anak merasa tidak nyaman karena kamar terlalu panas, terlalu dingin, pengap, ataupun gaduh, maka ini dapat membuat anak sulit untuk tidur. Menciptakan suasana kamar yang nyaman sangat penting untuk membantu anak tidur dengan nyenyak. Selain itu, rasa lapar yang mengganggu juga bisa membuat anak susah tidur.

  1. Merasa khawatir dan stress

Rasa khawatir dan stress, mungkin saja menjadi salah satu penyebab anak gelisah dan susah tidur di malam hari. Sebagai contoh mungkin anak tidak merasa nyaman dengan peraturan yang diterapkan oleh orang tuanya sehingga anak merasa terbebani. Namun alangkah baiknya jika Anda sebagai orang tua menerapkan peraturan terhadap anak dilakukan secara perlahan dan sesuai dengan usia anak. serta penyampaiannya pun tidak terkesan memaksa namun disampaikan dengan lemah lembut dan juga dengan cara yang disenangi anak. sehingga anak dapat menerimanya dengan baik dan tidak menjadi stress.

  1. Terlambat tidur

Jam tidur anak yang sudah terlewat atau terlambat tidur karena bermain gadget, menonton TV, atau bermain game dapat menyebabkan anak menjadi susah tidur. Semakin terlambat anak tidur, maka waktu tidurnya akan semakin larut, hal ini dapat menjadi kebiasaan sehingga anak tidak dapat tidur lebih awal.

  1. Mengalami mimpi buruk

Mimpi buruk bisa jadi penyebab anak tidur gelisah di malam hari. Mimpi buruk pada anak lebih banyak terjadi karena anak menonton film, acara TV ataupun membaca cerita yang menyeramkan atau mengandung kekerasan sebelum tidur. Anak yang sering mengalami mimpi buruk, atau takut mengalami mimpi buruk, juga bisa kesulitan untuk tidur. Hal ini seringkali membuat anak terjaga karena takut mengalami mimpi buruk jika ia tertidur.

Itulah beberapa faktor penyebab anak susah tidur, masih banyak  faktor lainnya yang bisa menyebabkan anak menjadi susah tidur. dengan mengetahui penyebab anak menjadi susah tidur maka Anda dapat mengatasinya dengan sebaik mungkin. Kini Nutricia hadir untuk berbagi ilmu kesehatan anak dengan menyediakan berbagai informasi penting mengenai kesehatan anak, sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik. Anda juga dapat menggali informasi disini jika anak Anda mengalami masalah kesehatan misalnya susah tidur.