Tips Membuat Desain Ruang Makan Serbaguna yang Nyaman

Anda memiliki ruang makan berukuran kecil? Jangan khawatir, kini Anda bisa menyulapnya dengan mengimplementasikan desain ruang makan serbaguna. Desain ini sangat cocok sekali untuk ruang makan berukuran kecil. Anda bisa mengimplementasikannya dengan mengikuti tips yang akan kami bagikan di sini.

Tanpa berlama-lama, berikut kami jelaskan tips mengoptimalkan ruang makan yang kecil agar nyaman.

1.  Memilih Furniture Multifungsi

Jika Anda memiliki ruang makan yang kecil, sebaiknya perhatikanlah jenis-jenis furniture yang akan digunakan. Pilihlah jenis furniture multifungsi yang desain dan ukurannya seminimal mungkin, namun fungsinya bisa memenuhi berbagai keperluan Anda.

Contohnya memilih jenis kabinet sekaligus rak yang menjadi satu rangka. Hal ini sangat cocok sekali diimplementasikan di ruang makan yang kecil. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis lemari yang berfungsi juga sebagai dapur sekaligus tempat menyimpan barang.

Hadirnya furniture multifungsi ini, dapat meminimalisir penggunaan furniture sehingga ruang makan tidak sempit.

desain ruang makan serbaguna

2.  Perhatikan Fungsi Furniture Sebelum Membeli

Selain memilih furniture multifungsi, pastikan Anda juga selektif saat memilihnya. Terutama jika ruang makan Anda tergabung dengan dapur yang berukuran kecil. Maka dari itu, pilihlah furniture yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya agar area makan tidak memakan banyak tempat.

Cara yang paling tepat untuk mengoptimalkannya adalah dengan memilih model meja maupun kursi yang sesuai dengan luas ruangan. Untuk ruangan sempit, pilihlah meja berbentuk bulat. Dengan meja bulat, maka Anda bisa duduk melingkar sehingga tidak memakan banyak tempat.

3.  Pilih Desain Ruang Makan Bertema Industrial

Ruang makan yang kecil juga memerlukan sebuah desain yang mengutamakan kepraktisan. Salah satunya adalah desain industrial yang menjadikan ruang makan menjadi area makan nyaman meskipun berukuran kecil.

Desain industrial adalah desain yang praktis dan juga menggunakan interior maupun furniture yang tidak terlalu menuntut kesempurnaan dari segi fisik. Untuk jenis-jenis desain industrial, Anda bisa mengeceknya langsung di internet karena ada cukup banyak ide yang menarik.

Desain industrial juga terkadang membiarkan sebagian besar barang-barangnya tampil seadanya. Hal ini disebabkan karena desain industrial lebih condong memanfaatkan benda-benda yang sudah ada agar bisa berfungsi secara optimal.

4.  Optimalkan Pencahayaan

Ruangan yang kecil harus memiliki pencahayaan yang bagus. Tujuannya agar ruangan tersebut tampak lebih lega dan luas. Pastikan Anda menempatkan beberapa sumber pencahayaan buatan maupun alami di ruang makan.

Pencahayaan alami yang dimaksud yaitu jendela. Sedangkan pencahayaan buatan adalah lampu-lampu. Jenis cahaya buatan yang cocok untuk ruang makan kecil yaitu neon dengan pancaran warna oren yang pas.

Cahaya alami juga penting. Jika memungkinkan, tempatkan jendela di rung makan yang mengarah keluar rumah. Cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan dapat mengoptimalkan ruang makan kecil menjadi tampak lebih luas.

5.  Menggabungkan Ruang Makan dengan Dapur

Jika ruangan Anda tidak ingin tampak sempit, Anda bisa menggabungkan dua ruangan sekaligus. Biasanya, ruang makan akan cocok digabungkan dengan dapur. Tujuannya agar ruang makan maupun dapur tampak lebih luas. Penggabungan ini juga bisa dioptimalkan dengan memilih furniture multifungsi.

Menggabungkan dua ruangan juga menjadi solusi tepat agar ruangan tidak terasa sesak. Terutama jika Anda mengoptimalkan pencahayaan di kedua ruangan tersebut. Anda dan keluarga pun akan nyaman saat berada di ruangan tersebut.

Demikian informasi seputar tips mengimplementasikan desain ruang makan serbaguna untuk ruangan yang tergolong kecil. Melalui tips di atas, ruang makan Anda pun kini akan tampak lebih nyaman dan luas. Semua bisa Anda implementasikan secara mudah.