Cara Membersihkan Gelang Kekinian Emas yang Tepat

Emas masih menjadi logam yang paling disukai oleh wanita. Hal tersebut wajar karena emas termasuk logam mulia yang indah, mewah, berkilau, dan juga cantik. Apalagi saat ini ada beberapa jenis emas yang bisa dipilih seperti emas putih, emas kuning, dan rose gold. Namun ketika Anda membeli gelang kekinian emas, Anda harus tahu bagaimana cara membersihkannya yang tepat.

Membersihkan gelang emas merupakan hal yang wajib dilakukan. Tujuannya yaitu agar gelang tetap indah dan juga berkilau. Gelang yang kusam tentu saja kehilangan keindahannya meskipun terbuat dari emas. Untuk membersihkan gelang emas, berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti:

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi adalah zat abrasif yang ringan sehingga aman digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan air putih dan pasta gigi sebanyak 2.5 cm. Air putih yang digunakan jangan terlalu encer namun jangan juga terlalu kental. Setelah itu, Anda bisa menggosok gelang berlian menggunakan sikat gigi yang lembut.

Menggunakan Amonia

Amonia menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan gelang Anda. Sama seperti pasta gigi, Anda perlu mencampurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:6. Amonia memiliki sifat korosif, jadi usahakan tidak terlalu lama membersihkannya menggunakan amonia. Segera keringkan gelang kekinian milik Anda menggunakan kain yang lembut. Karena sifatnya yang korosif tersebut, jangan terlalu sering membersihkan gelang dengan amonia.

Menggunakan Sabun Cuci Piring

Jika ragu menggunakan cairan amonia, Anda bisa menggunakan cairan yang lebih aman seperti sabun cuci piring. Kandungan surfaktan pada sabun cuci piring bisa menghilangkan kotoran berminyak dari gelang Anda. Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya rendam gelang Anda selama kurang lebih 15 menit agar kotoran luntur. Bilas dengan air yang bersih lalu keringkan.

gelang kekinian emas

Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat makanan. Jika digunakan untuk membersihkan gelang emas, Anda perlu mencampurkan 60 ml baking soda dengan 2 sendok makan air. Setelah terbentuk pasta, langsung balurkan pada gelang Anda. Diamkan beberapa saat kemudian siram menggunakan cuka. Namun apabila gelang Anda memiliki batu permata seperti berlian, Anda tidak boleh menggunakan cara tersebut.

Menggunakan Alkohol

Alkohol bisa digunakan apabila gelang emas milik Anda memiliki noda lilin atau lemak yang membandel. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkannya langsung ke dalam alkohol. Jangan terlalu lama meredamnya, setelah itu sikat menggunakan sikat lembut. Apabila gelang Anda memiliki batu berlian, cukup celupkan cotton bud ke alkohol lalu oleskan pada bagian bernoda saja.

Pergi Ke Toko Perhiasan atau Pengrajin Perhiasan

Cara terakhir adalah cara yang paling aman untuk dilakukan. Anda bisa meminta bantuan ahli untuk membersihkan perhiasan emas. Biasanya Anda bisa menemukan jasa mencuci perhiasan emas di pengrajin perhiasan. Namun beberapa toko perhiasan juga menyediakan layanan tersebut untuk pelanggannya. Meminta bantuan ahli untuk membersihkan berlian meminimalisir risiko kerusakan.

Itulah cara membersihkan gelang kekinian emas yang bisa Anda ikuti. Setelah mengetahui cara membersihkan gelang, kini saatnya Anda menambah koleksi gelang yang dimiliki. Miss Mondial & Mondial Jeweler menawarkan banyak koleksi gelang yang cantik dan menawan. Modelnya juga beragam mulai dari model simple, elegan, mewah, hingga glamor. Anda bisa menyesuaikan pilihan gelang dari Miss Mondial & Mondial Jeweler dengan selera Anda. Jika penasaran dengan koleksi perhiasannya, Anda bisa mengunjungi website Miss Mondial & Mondial Jeweler di www.mondialjeweler.com