Mengenal Tipe-Tipe Bunga Bank

Suku bunga menjadi salah satu perhatian ketika Anda akan menabung, berinvestasi deposito, atau mengajukan kredit di bank. Pasalnya melalui suku bunga tersebut, Anda bisa melihat apakah produk tersebut menguntungkan atau tidak. Jika menabung atau investasi dengan suku bunga tinggi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya jika mengajukan kredit dengan suku bunga rendah, maka Anda juga mendapatkan keuntungan. Tapi sebenarnya ada beberapa tipe atau jenis bunga bank yang perlu Anda kenali yaitu:

Suku Bunga Tetap (Fixed)

Sesuai namanya, tipe suku bunga ini bersifat tetap atau fixed. Jadi bunga tidak akan berubah hingga jangka waktu habis. Biasanya suku bunga ini digunakan pada produk kredit. Jika bank menawarkan suku bunga tetap maka Anda akan membayar cicilan yang sama hingga tenor berakhir.

Bunga bank

Suku Bunga Flat

Suku bunga flat ternyata berbeda dengan suku bunga fixed. Suku bunga jenis ini mengacu pada jumlah pokok di awal periode. Jika mengajukan kredit, maka jumlah pokok tersebut adalah jumlah pokok pinjaman awal. Dibandingkan suku bunga lain, suku bunga flat lebih mudah dihitung.

Suku Bunga Mengambang (Floating)

Suku bunga tipe ini mengikuti besaran suku bunga yang ada di pasaran. Apabila suku bunga pasaran naik, maka suku bunganya juga akan naik. Begitu pula sebaliknya, apabila suku bunga turun, maka suku bunganya juga turun.

Suku Bunga Efektif

Suku bunga bank satu ini dianggap lebih adil dibandingkan dengan suku bunga jenis lainnya, termasuk suku bunga flat. Suku bunga efektif dihitung berdasarkan jumlah awal dari pokok pinjaman yang diambil nasabah.

Suku Bunga Anuitas

Tipe suku bunga terakhir yaitu suku bunga anuitas. Biasanya suku bunga ini digunakan untuk produk kredit. Jika menggunakan suku bunga anuitas, porsi bunganya besar namun angsuran pokoknya kecil di awal cicilan. Setelah akhir cicilan, kondisi berbalik.

Itulah beberapa tipe suku bunga bank yang perlu Anda ketahui. Jika mencari produk tabungan atau investasi dengan bunga menguntungkan, Anda bisa memilih produk dari Bank Danamon. Bank swasta satu ini sudah terbukti kredibilitasnya di mata masyarakat. Ada cukup banyak produk yang tersedia sehingga bisa Anda sesuaikan kebutuhan. Informasi produk dan bunga dari Bank Danamon lebih lengkap ada di www.danamon.co.id