Tips Memilih Cincin Nikah Elegan

Banyak hal yang harus dipikirkan ketika Anda merencanakan sebuah pernikahan. Mulai dari konsep acara sampai cincin nikah elegan. Acara sakral dalam kehidupan ini harus sempurna di setiap detailnya.

Memilih Cincin Nikah Elegan 

Pemilihan cincin kawin mewah dan elegan harus memperhatikan beberapa hal, seperti berikut ini:

Budget 

Anda dan pasangan dapat menentukan bahan dan desain cincin untuk pernikahan sesuai dengan budget yang dimiliki. Menentukan budget akan membantu Anda mempersempit pemilihan bahan serta ornamen cincin.

Terlebih dahulu pastikan harga pasaran terendah untuk cincin pernikahan sehingga Anda bisa mempersiapkan budget paling rendah. 

Desain

cincin nikah elegan
cincin nikah elegan

Toko-toko perhiasan akan memberikan banyak sekali pilihan desain cincin untuk pernikahan. Untuk mempersingkat waktu, lebih baik menentukan terlebih dahulu desain cincin dengan pasangan Anda. Memilih desain yang simpel, unik atau mewah sekalipun bisa Anda lakukan. 

Bahan Dasar

Beragam bahan dasar cincin untuk pernikahan bisa Anda pilih. Emas paling banyak dipilih sebagai bahan dasar cincin kawin, namun tidak menutup kemungkinan logam mulia lain bisa dipilih berdasarkan budget.

Beberapa bahan dasar cincin yang biasa digunakan untuk cincin pernikahan, antara lain:

  • Perak
  • Platinum
  • Titanium
  • Tungsten
  • Zirconium
  • Palladium

Anda memilih memakai emas sebagai bahan dasarnya, namun tetap ingin berhemat, bisa memilih emas dengan kadar lebih rendah. 

Ukuran

Ukuran cincin nikah elegan juga memiliki pengaruh terhadap harga. Namun, ukuran cincin juga bisa menyesuaikan permintaan Anda. Banyak pilihan ukuran mulai dari yang tipis hingga lebar.

Cincin yang tipis akan lebih sedikit penggunaan bahannya daripada cincin yang lebar. Cobalah terlebih dahulu cincin yang akan dibeli agar pas saat digunakan nanti.

Karakter

Menentukan model cincin kawin mewah bukan perkara mudah. Untuk mempersempit pilihan Anda, tentukan model cincin sesuai dengan karakter. Umumnya, ada beberapa model cincin yang ada di pasaran, seperti:

Plain Band 

Model cincin ini memiliki tampilan sederhana dan klasik tanpa ornamen lain atau logam mulia lain yang menghiasinya.

Gem Set

Berbeda dari Plain Band, model cincin Gem Set memiliki batu lain atau berlian.

Shaped

Model cincin shaped memiliki bentuk yang unik, tidak sekedar bentuk bundar. Hal ini menjadi ciri khusus dari model ini.

Duo Tone

Model cincin ini memiliki kombinasi dua warna. Perpaduan unik yang menampilkan kemewahan untuk sebuah cincin pernikahan.

Kombinasi

Model cincin kombinasi memadukan dua atau lebih material cincin. Anda bisa memadukan emas dengan metal atau lainnya.

Detail Unik

Ingin memiliki cincin pernikahan yang unik dan hanya Anda dan pasangan miliki? Hal ini bisa terwujud dengan memesan desain yang unik. Mengukir inisial nama Anda dan pasangan misalnya atau dengan kalimat tertentu. 

Menggunakan Logam yang Berbeda

Jika ada perbedaan bahan dasar antara Anda dan pasangan, bisa dengan menggunakan logam cincin yang berbeda. Namun, harus tetap menampilkan desain yang senada pada kedua cincin tersebut.

Cari dari Jauh Hari

Anda sebaiknya mempersiapkan cincin nikah elegan dari jauh-jauh hari. Memilih cincin secara dadakan akan melupakan beberapa detail yang Anda dan pasangan inginkan.

Kualitas

Menjatuhkan pilihan pada Mondial & Miss Mondial yang memiliki kualitas dari segi bahan dan desain memang tidak salah. Kualitas cincin untuk pernikahan juga harus menjadi pertimbangan. 

Anda wajib memilih toko perhiasan yang memiliki track record baik. Salah satunya dengan melihat tanda di cincin, yaitu tanda pembuat dan kadar cincin.

Cincin kawin mewah yang Anda pilih harus memperhatikan tips di atas agar Anda dan pasangan tidak menyesal.