Fungsi Laktosa Pada Susu Khusus Anak Kecil

Salah satu komponen atau bahan yang terkandung dalam susu adalah laktosa. Apakah bunda tau manfaat laktosa yang terkandung dalam susu Si Kecil? Apakah masih diperlukan bahan laktosa untuk susu anak jika Si Kecil mengalami intoleran laktosa? Simak beberapa fungsi laktosa pada susu anak dalam artikel in

Salah Satu Sumber Energi Anak 

Salah satu bentuk pecahan dari karbohidrat adalah laktosa. Karbohidrat sendiri adalah sumber energi yang bisa didapat melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi Si Kecil. Walaupun bentuk dari laktosa sendiri adalah gula, namun sangat diperlukan untuk proses pertumbuhan. 

Dalam proses pertumbuhannya, energi yang cukup diperlukan untuk mendukung perkembangan Si Kecil. Aktivitas anak yang mulai dominan pun juga memerlukan energi yang mencukupi.

Mendukung Proses Perkembangan Bakteri Baik 

Pencernaan yang dilakukan di usus menjadikan fungsi laktosa pada susu berubah menjadi prebiotik jika laktosa itu sendiri tidak tercerna dengan baik. Prebiotik sendiri berfungsi untuk proses perkembangan bakteri baik dalam pencernaan Si Kecil. Perkembangan bakteri baik yang seimbang akan berbanding lurus dengan kesehatan Si Kecil.

Membantu Menyerap Kalsium Dan Zat Besi 

Nutrisi lain yang diperlukan untuk membantu perkembangan Si Kecil adalah kalsium dan zat besi. Keduanya memiliki peran untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Sistem pencernaan yang baik akan menyerap 2 zat ini dalam perkembangan Si Kecil. Bukan hanya kalsium dan zat besi, mineral lain pun akan ikut terserap jika terdapat kandungan laktosa dalam usus Si Kecil. 

Membantu Terciptanya Glikolipid 

Salah satu kandungan laktosa adalah galaktosa. Di dalam galaktosa sendiri terdapat kandungan galaktolipid. Fungsi dari galaktolipid sendiri bagi Si Kecil adalah membantu proses perkembangan otak dan membantu perkembangan sistem saraf khususnya sistem saraf pusat. Sistem saraf yang berkembang dengan baik akan mendukung proses perkembangan Si Kecil.

Mulai sekarang perhatikan kandungan susu Si Kecil dengan melihat kandungan bahan di samping atau belakang kotak susu Si Kecil. Kandungan fungsi laktosa pada susu yang tinggi dibanding dengan sukrosa akan berpengaruh proses perkembangan buah hati anda. Perlu diperhatikan kandungan sukrosa tinggi akan menyebabkan obesitas pada anak. Cermati dan perhatikan tumbuh kembang Si Kecil Bunda.