Apa Itu Fancy Color Diamond Pada Anting Berlian Berkualitas?

Anting berlian biasanya digunakan wanita untuk memberikan tampilan manis dan elegan pada dirinya. Ketika mencari anting berlian berkualitas di pasaran, Anda pasti pernah menemukan istilah fancy color diamond. Anting dengan berlian tersebut memiliki harga dan kualitas yang tinggi. Apa sebenarnya fancy color diamond? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda!

Mengenal Fancy Color Diamond

White diamond adalah warna berlian yang paling banyak di dunia. Jika membicarakan mengenai berlian, sebagian besar orang akan merujuk pada white diamond ini. Padahal sebenarnya ada warna berlian lain yang dinamakan fancy color diamond.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa fancy color diamond adalah berlian selain warna putih. Semua berlian selain putih masuk ke kelompok fancy color diamond yang langka. Warna kuning yang muncul pada berlian putih sangat berbeda dengan warna kuning dari fancy color diamond. Biasanya berlian putih berwarna kuning masuk tingkat color Z. Jadi Anda harus bisa membedakannya.

anting berlian berkualitas

Macam-Macam Fancy Color Diamond

Ada cukup banyak fancy color diamond yang ditemukan, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Yellow diamond

Yellow diamond atau berlian kuning termasuk salah satu fancy color diamond yang banyak ditemukan. Jadi Anda lebih mudah mendapatkan anting dengan berlian kuning ini. Warna kuning yang muncul adalah kandungan nitrogen di dalamnya. Kandungan nitrogen tersebut menyerap cahaya biru, lalu menimbulkan perubahan warna hingga menjadi kuning. Hasil akhir warna yang ditampilkan juga dipengaruhi oleh tekanan, mineral, dan tingkat radiasi di mantel Bumi.

  1. Black diamond

Black diamond termasuk warna berlian yang sangat unik. Ternyata black diamond juga tidak selangka berlian-berlian lain, termasuk yellow diamond. Anting berlian dengan black diamond pasti tampak unik dan menawan. Selain dijadikan anting, black diamond juga dijadikan penghias cincin pria. 

  1. Red diamond

Red diamond atau berlian merah adalah warna berlian yang paling langka. Tidak heran jika harganya juga paling mahal. Uniknya, berlian ini ternyata tidak memiliki campuran nitrogen dan komposisinya. Warna merah yang dihasilkan masih menjadi perdebatan banyak ahli. Namun banyak ahli percaya bahwa warna merah tersebut didapatkan dari perubahan struktur atom saat proses deformasi plastis.

  1. Pink diamond

Berlian cantik berwarna pink satu ini juga termasuk berlian mahal dan langka. Namun berlian merah dianggap langka dibandingkan berlian pink. Sama seperti red diamond, warna merah pada pink diamond juga belum diketahui penyebabnya. Beberapa ahli menganggap tekanan besar membuat warnanya berubah. Ada juga yang menyebutkan jika rona pink muncul akibat kejutan seismik.

  1. Blue diamond

Warna biru pada blue diamond didapatkan dari kandungan karbon berlian di dalamnya. Jika dibandingkan batu biru lain seperti safir, blue diamond termasuk langka dan jarang ditemui. Salah satu berlian biru yang populer adalah Blue Moon Diamond dengan berat mencapai 12 carats. Berlian tersebut juga tidak memiliki inklusi yang bisa menurunkan nilainya.

  1. Green diamond

Green diamond memiliki warna hijau yang cukup menarik, tidak kalah dengan emerald. Warna hijaunya muncul akibat radiasi pada proses pembentukannya di dalam tanah. Karena fenomena tersebut jarang terjadi, maka green diamond termasuk berlian yang langka. Sangat jarang ditemukan berlian yang masuk kategori fancy vivid green

Itulah pembahasan mengenai apa itu fancy color diamond yang biasanya disematkan pada anting berlian berkualitas. Untuk Anda yang sedang mencari anting baru, Mondial Jeweler memiliki banyak koleksi yang bisa dipilih. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena brand populer ini di bawah perusahaan besar yaitu PT. Central Mega Kencana. Apabila tertarik dengan anting Mondial Jeweler, Anda bisa melihat modelnya di website www.mondialjeweler.com

Meta Des: