Jenis Content Marketing yang Paling Banyak Digunakan

Dalam sebuah pemasaran digital, content marketing atau konten pemasaran merupakan “peluru” yang sangat dibutuhkan. Pasalnya dengan konten yang tepat dan berkualitas, maka pemasaran yang dilakukan bisa berjalan dengan lebih efektif. 

Namun membuat konten pemasaran merupakan suatu hal yang tidak mudah dan harus dilakukan secara konsisten. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya. 

Jenis konten pemasaran sendiri sebenarnya ada banyak, namun beberapa yang sering digunakan karena dianggap paling efektif adalah:

  1. Blog atau artikel

Jenis konten pemasaran yang pertama dan sangat banyak digunakan adalah blog atau artikel. Di dalam blog Anda bisa melakukan banyak hal seperti tulisan yang bertujuan untuk edukasi meluncurkan konten, menambahkan media sosial, memberikan informasi seputar produk dan lain sebagainya. 

Selain itu, blog juga bisa digunakan sebagai sarana membangun atau meningkatkan brand awareness pada para audiens. Adapun salah at caranya yaitu dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) yang bisa membuat artikel berada diurutan paling atas di mesin pencarian. 

Jika artikel miliki Anda selalu berada di urutan atas mesin pencarian, maka pengguna internet akan lebih mudah menemukan sekaligus membukanya yang kemudian mereka akan mengenali produk yang dijelaskan di dalamnya.

  1. Media Sosial

Sudah bukan rahasia lagi, sebagian besar pengguna internet di Indonesia memiliki akun di berbagai platform media sosial. Mengingat akan hal tersebut, media sosial menjadi salah satu jenis konten pemasaran yang wajib digunakan. 

Adapun beberapa platform yang tepat untuk dipilih diantaranya yaitu Instagram, TikTok, Facebook dan jga Youtube. Pasalnya, media sosial itulah yang kini tengah digandrungi dan memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan masyarakat serta usia. 

Akan tetapi, konten pemasaran yang akan diluncurkan pada media sosial tersebut harus disesuaikan dengan target audiens agar lebih efektif dan efisien. 

  1. Video

Selain media sosial, para pengguna internet di Indonesia juga cenderung lebih menyukai konten berupa video dibandingkan dengan tulisan saja. Oleh karena itu, konten pemasaran berbentuk video bisa digunakan semaksimal mungkin. 

Bahkan dengan konten berupa video, Anda bisa memberikan informasi seputar produk, layanan, maupun merek dengan lebih mudah. Akan tetapi, pastikan video tersebut dibuat seunik dan semenarik mungkin tanpa mengurangi tujuan dari konten tersebut sebagai media pengenalan produk.

  1. Infografis

Konten selanjutnya yang kerap digunakan sebagai konten pemasaran yakni infografis. Infografis sendiri merupakan singkatan dari informasi dan grafik yang artinya konten ini memberikan informasi dalam bentuk grafis atau gambar agar lebih mudah dipahami oleh para audiens. 

Dengan adanya infografis, hal tersebut membuat informasi menjadi lebih kompleks terlihat simple. Selain itu, konten infografis juga terbukti mampu menarik minat banyak orang karena waktu yang dihabiskan untuk menonton infografis lebih sedikit dibandingkan konten video. Namun jika Anda akan membuat konten ini, patikan kontennya harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran. 

Itulah dia beberapa jenis content marketing yang sering digunakan dalam pemasaran digital. Agar prosesnya bisa berjalan lebih efektif dan mendapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya menggandeng digital marketing agency untuk menjalankannya.

Selain efektif, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih fokus dalam menjalankan bisnis serta melahirkan produk yang berkualitas. Untuk urusan digital marketing agency, Anda bisa mempercayakannya pada Ideoworks yang merupakan agensi terbaik di Indonesia karena diisi oleh para tenaga ahli dan berpengalaman di dunia pemasaran digital.