Teknologi Sel Surya Temuan Jepang

Teknologi Sel Surya Temuan Jepang

Tahukah Anda bahwa kini cadangan sumber energi minyak bumi terus mengalami penurunan. Hal ini pastinya cukup mengkhawatirkan karena suatu saat bisa te

Tempat Yang Tepat Untuk Mempersiapkan GMAT Test
Fakultas farmasi Universitas Indonesia
Modem Andromax M2P

Tahukah Anda bahwa kini cadangan sumber energi minyak bumi terus mengalami penurunan. Hal ini pastinya cukup mengkhawatirkan karena suatu saat bisa terjadi krisis energi. Untuk itu, banyak orang yang sudah mulai memikirkan cara untuk mencari alternatif sumber energi yang lain. Pastinya ada banyak pilihan pada sejumlah hal seperti angin, panas bumi, air, hingga surya atau sinar matahari. Berbicara mengenai teknologi sel surya ini maka di Jepang teknologi tersebut sudah sejak lama dikembangkan lebih tepatnya sekitar 30 tahun silam. Tidak dapat dipungkiri bahwa tenaga surya matahari ini dapat diubah menjadi energi listrik yang kemudian digunakan untuk memasok berbagai kebutuhan listrik masyarakat termasuk industri hingga keperluan masyarakat luas seperti di stasiun kereta api. Bahkan menurut kabar terakhir yang ada, Jepang pun memiliki separuh dari pembangkit listrik dengan tenaga surya yang ada di dunia.

Sekarang ini perkembangan teknologi sel surya sudah sangat pesat di Jepang dan beberapa negara lainnya. Bahkan ahli tenaga surya dari Jepang juga menemukan sel pembangkit untuk panel surya yang lebih tipis dari sebelumnya yang dihasilkan dari proses sederhana tetapi memiliki kemampuan yang sama untuk menghasilkan energi. Pada mulanya panel surya dirancang untuk memasok tenaga pada satelit tetapi teknologi tersebut kini juga telah digunakan untuk isi ulang baterai. Selain itu, apabila selama ini sel-sel pada panel dibuat dari bahan silikon dengan warna hitam maka kini ada warna lain yang bisa digunakan. Hal ini didasarkan pada keinginan untuk membuat sel surya yang bisa tembus pandang.

Beberapa ahli teknologi sel surya di Jepang pun kini juga mulai mengembangkan panel surya yang sel suryanya warna warni. Para ahli ini menggunakan bahwa alami yang diperoleh dari tumbuhan lalu membuatnya secara sederhana dengan suhu yang lebih rendah. Hal yang lebih menarik lagi adalah sel surya yang ada tersebut pun juga dapat diterapkan pada plastik dan juga kain. Sebuah penemuan terbarukan yang patut diapresiasi dan bisa pula dijadikan alternatif sumber energi yang lebih bersih dan juga ramah lingkungan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: