Empat Cara Menghafal Cepat

Apakah nilai anak Anda di sekolah kurang memuaskan? Padahal sudah merasa belajar dengan giat dan maksimum. Mungkin masalahnya ada pada kemampuan menghafalmu yang kurang terasah. Menghafal merupakan salah satu cara untuk mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari di sekolah. Jika kamu mengalami kesulitan menghafal materi pelajaran, maka kamu juga akan sulit menjawab pertanyaan yang menyangkut materi tersebut dan akan berakibat pada nilai yang kurang baik. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa cara menghafal cepat agar lebih mudah menghafal materi pelajaran.

Nilai merupakan salah satu indikator ketercapaian kemampuan kita dalam memahami materi pelajaran. Namun terkadang nilai yang kita dapatkan jauh dari harapan. Hal tersebut dapat di akibatkan karena kita mengalami kesulitan dalam menghafal materi yang telah dipelajari. Berikut adalah beberapa tips cara menghafal cepat yang dapat kamu terapkan saat belajar.

  1. Pastikan suasana belajar kita mendukung, setiap orang mempunyai gaya belajar sendiri ada yang menyukai belajar pada suasana yang sunyi senyap, ada juga yang menyukai belajar dengan diiringi alunan musik, ada juga yang belajar sambil mengucapkan kembali dengan lantang materi yang sedang dipelajari dan masih banyak lagi gaya belajar lain. Pastikan suasana belajar kamu sesuai dengan gaya kamu misalkan jika kamu suka belajar pada suasana yang sunyi pastikan tempat belajar kamu jauh dari TV atau radio atau orang lain yang menyebabkan kebisingan.
  2. Tandai bagian – bagian penting yang sedang kamu hafalkan dengan warna yang berbeda dan mencolok agar dapat terlihat dan mudah di ingat, kamu bisa menggunakan stabilo dengan warna – warna yang terang untuk menandainya.
  3. Catat kembali materi yang sedang kamu hafalkan dalam secarik kertas, cara ini dapat memperkuat ingatan kamu terhadap materi yang sedang dipelajari saat itu.
  4. Gunakan alat perekam suara saat kamu menghafal, rekamlah ucapanmu saat menghafal materi pelajaran kemudian putar berulang – ulang hingga kamu hafal materi yang sedang kamu pelajari.

Mudah – mudahan tips cara menghafal cepat di atas dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah belajarmu, sehingga nilaimu di sekolah menjadi lebih baik.