Penyebab Ketombe dan Cara Menghilangkannya

Ketombe merupakan salah satu kondisi di mana merasakan gatal yang mengganggu penampilan dan membuat kulit kepala tidak sehat. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan terjadi iritasi terhadap kulit ketombe.

Kebanyakan orang di dunia mengalami masalah kulit tersebut yang terjadi akibat serpihan kering yang berwarna putih muncul di kulit kepala dan rambut. Selain dari membuat kulit kepala kering, ketombe menjadikan rambut tidak sehat dan berakibat pada kerontokan.

Sebetulnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan kulit kepala berketombe ada baiknya menggunakan sampo yang baik yang memberikan nutrisi pada kulit kepala dan rambut dengan clear shampoo yang merupakan sampo terbaik yang memberikan nutrisi penuh pada kulit kepala dan rambut sehingga tetap sehat.

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa terjadi pada setiap orang dan mengakibatkan ketombe.

  1. Iritasi dan kulit berminyak
    Kondisi di mana sering terjadi muncul pada setiap orang dan menyebabkan ketombe. Gejala muncul yang biasanya kulit dalam keadaan berminyak dan berwarna kemerah-merahan disertai dengan serpihan kulit putih agak kekuningan. Iritasi tersebut terjadi karena beberapa hal bisa terjadi karena kulit kepala kering akibat aktivitas dan tidak membersihkan segera kulit kepala.
  2. Kulit kering
    Keadaan ini adalah salah satu penyebab yang paling banyak terjadi dan menyebabkan munculnya ketombe. Pada kulit kering pada biasanya ketombe lebih kecil dari pada diakibatkan oleh faktor lain atau kondisi lain. Kulit kering diakibatkan dari kurangnya minum air putih dan biasanya terjadi juga pada daerah lain seperti kulit kering
  3. Infeksi jamur malassezia
    Jamur yang hidup di kulit kepala tanpa mengakibatkan penyakit, tapi jika terjadi berkembang berlebihan akan menyebabkan iritiasi dan menimbulkan ketombe dan menyebabkan pertumbuhan sel pada kulit secara cepat. Sel kulit tersebut mati kemudian menempel pada rambut yang kemudian disebut dengan ketombe
  4. Jarang melakukan keramas
    Keramas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ketombe karena minyak dan juga kotoran menempel pada kulit kepala akan memicu terjadinya ketombe. Untuk hal itu gunakan selalu sampo yang memberikan perlindungan khusus pada kulit kepala seperti clear shampoo dengan nutrisi dan kandungan khusus memberikan perlindungan pada kulit kepala dan rambut tetap sehat.