4 Cara Memantau Aktifitas Penggunaan Internet Anak

Teknologi yang semakin canggih dan berkembang dengan sangat cepat memang sulit di bendung. Seperti kebutuhan kita terhadap akses internet. Penggunaan akses internet saat ini bisa dibilang sudah sangat marak. Penggunanya bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Provider internet juga saat ini sudah sangat marak. Bahkan banyak provider internet murah  yang bisa didapat.

Pada dasarnya murahnya harga akses internet karena para penggunanya semakin banyak. Semakin murah paket data internet maka setiap golongan masyarakat bisa mendapatkannya. Namun bagaimana halnya jika internet murah namun digunakan oleh anak-anak. Sedangkan di era sekarang ini penggunaan akses internet ternyata sering disalah gunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab sehingga merusak generasi muda saat ini.

paket dataBerikut ada beberapa cara untuk memantau aktifitas penggunaan internet oleh anak-anak.

  • Memulai percakapan dengan anak

Pastikan anda bisa mengerti dan memahami juga penggunaan internet yang sering anak gunakan. Mulailah dengan percakapan santai, seperti menanyakan cara penggunaan sosial media, cara melakukan pencarian di website dan hal lain yang sekiranya anak tidak merasa dicurigai. Setelah itu anda bisa memberikan pertanyaan namun yang hanya membutuhkan jawaban iya dan tidak seperti ‘ternyata kita bisa mencari informasi apa saja di website ini ya?” setelah anda memberikan pertanyaan itu anda bisa memberikan nasihat mengeenai baik dan buruknya menggunakan internet.

  • Jadi contoh yang baik

Saat anda menggunakan internet gunakanlah internet dengan bijak. Contoh ketika anda sedang berkumpul dengan anggota keluarga maka prioritaskanlah mereka dan simpanlah smartphone dan segala bentuk gadget yang bisa mengganggu acara kumpul kuluarga.

  • Batasi akses

Anda bisa melakukan filter terhadap website yang akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Anda bisa memblokir semua website tidak baik seperti website permainan judi, porno dan lain sebagainya.

  • Hindarkan dari pengaruh luar

Hal penting lain adalah jagalah dan pantau anak-anak dari pengaruh luar yang bisa memberikan hal negatif terhadap nya. Kita bisa menjaganya dengan banyak melakukan komunikasi terutama percakapan langsung.

Itulah empat cara untuk memantau anak kita dal menggunakan akses internet. Pastikan gunakan provider internet murah namun tetap berkualitas. Sejalan dengan Smartfren yang membantu perkembangan anak negeri dengan tersedia berbagai paket data internet untuk digunakan dalam hal positif.