Kapan Seharusnya Mengganti Oli Motor Anda

Oli motor merupakan salah satu hal yang menentukan keawetan dari sebuah mesin motor dan memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan motor anda. Oleh sebab itu dalam pemilihan oli motor anda tidak bisa sembarangan, anda harus memilih oli yang cocok untuk motor anda.

Selain itu, dalam penggantian oli anda harus menggantinya secara berkala agar oli dapat bekerja secara maksimal pada motor anda. Karena banyak sekali orang yang tidak menyadari atau bahkan tidak memperhatikan waktu penggantian oli pada motornya. Sehingga terkadang mereka tidak mendapatkan manfaat terbaik dari oli yang mereka gunakan. Meski oli yang mereka gunakan untuk motor mereka adalah oli terbaik. Namun jika tidak rutin mengganti oli motornya mereka hanya akan membuat motor mereka dalam keadaan sama buruknya dengan saat anda salah dalam memilih oli.

oli motor
oli motor

Lalu sebaiknya kapan anda harus mengganti oli motor anda? Jika ada yang mengatakan jika anda harus mengganti oli secara rutin setiap dua atau tiga bulan sekali, sebenarnya hal tersebut juga tidak bisa dianggap benar. Karena untuk mengganti oli motor secara rutin anda harus memperhatikan beberapa hal.

Yang pertama, mengganti oli setiap kelipatan 1000 km. Hal ini tentu saja membuat anda tidak bisa berpatok waktu untuk mengganti oli seperti setiap satu bulan atau dua bulan sekali.  Karena anda harus berpatok pada kilometer yang telah ditentukan untuk mengganti oli. Dengan ini begini patokan waktu tidak lagi berlaku karena harus melihat pada patokan kilometer. Hal ini berarti jika anda sering menggunakan motor setiap hari berarti anda akan lebih cepat mengganti oli sementara jika motor anda jarang digunakan, periode penggantian oli anda juga bisa sedikit lebih lama.

Yang kedua, untuk ketentuan yang kedua adalah mengikuti dari rekomendasi yang diterapkan oleh label oli yang anda gunakan. Sehingga anda harus membaca dengan seksama label oli yang anda pilih untuk motor anda.

Sudah tahu kan, kapan harus mengganti oli motor? Apakah anda sudah tahu oli mana yang paling bagus untuk motor anda. Jawabannya tentu saja TOP 1, oli terbaik untuk motor anda.

kapan seharusnya mengganti oli motor anda, kapan harus mengganti oli motor, oli motor terbaik.