Kuliah Program Studi Cyber Security Indonesia

Tentu saja, Anda pasti sudah biasa mendengar tentang hoax berita palsu yang beredar di dunia maya. Rumor yang menyebabkan kekacauan publik bukan satu-satunya masalah kejahatan di dunia maya atau cyber crime. Kejahatan dunia maya dalam bentuk hate speech, penipuan online, pencurian data, penipuan identitas, perusakan situs web, penipuan kartu kredit, pornografi anak, dan sebagainya. 

Di sinilah diperlukan ahli cyber security. Tidak terkecuali dengan Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, namun minimnya edukasi yang berkaitan dengan akses informasi membuat berita hoax sangat mudah menyebar. Khususnya untuk orang-orang berumur yang baru menggunakan media sosial. Peran cyber security Indonesia disinilah yang seharusnya dapat menekan penyebaran berita hoax akan terputus. 

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Bahkan, tidak perlu menampilkan kepahlawanan luar biasa di bidang cyber security. Namun faktanya, kejahatan dunia maya di Indonesia telah meningkat secara signifikan, melampaui kuantitas dan kualitas kejahatan di dunia nyata. Di sisi lain, perkembangan teknologi dan globalisasi komunikasi berbasis teknologi informasi terus tumbuh. 

Sebagai contoh, di Indonesia, semakin banyak penyedia layanan Internet dan gadget murah bermunculan, dan semakin banyak orang memasuki dunia maya dengan pengetahuan teknologi informasi yang beragam. Tidak dapat dihindari, perusahaan nasional dan multinasional membutuhkan personel cyber security Indonesia untuk melindungi data penting perusahaan dari berbagai kemungkinan serangan cyber crime.

Peluang Kerja Cyber Security

Di masa depan, jelas ada peningkatan kebutuhan akan keamanan dunia maya. Di Amerika Serikat, lowongan pekerjaan cyber security telah meningkat enam kali lipat dalam empat tahun terakhir. Gaji dari cyber security juga 9 % lebih tinggi daripada profesi lain di bidang teknologi informasi. 

Meskipun mungkin berbeda halnya dengan gaji yang akan Anda dapatkan ketika bekerja sebagai di Indonesia. Namun, peluangnya juga sama besarnya. Adapun beberapa jenis profesi yang mungkin bisa Anda coba antara lain : security engineer, security consultant, security analyst, security software developer, security architect, dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa Anda dapatkan di era yang serba digital ini.

Program Studi Cyber Security terbaik ada di IDS Digital College

Jika Anda memang tertarik untuk menekuni bidang teknologi informasi, khususnya bidang cyber security, ada rekomendasi perguruan tinggi terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu IDS Digital College. Sebuah lembaga pendidikan ilmu komputer dengan gelar sarjana (S1) yang mengusung pendekatan “Real World Project” yang dapat membuat Anda siap menghadapi tantangan bisnis, karir dan juga pertumbuhan teknologi. 

IDS Digital College mempersiapkan mahasiswanya untuk tiga bidang pengembangan sumber daya manusia berikut untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan pada era Industri 4.0. selain itu juga melakukan bimbingan karir dan pelatihan formal maupun nonformal dengan startup dan kolega perusahaan untuk memenuhi kualifikasi pekerjaan dan pengaturan kerja.

Cyber security adalah salah satu jurusan yang sangat interaktif, karena persyaratan keterampilan harus memenuhi kondisi sebenarnya dunia peretasan. Selain tugas kuliah yang hampir mirip dengan real-world assignment, kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah untuk cyber security akan menjadi salah satu ruang untuk mengembangkan keterampilan keamanan siber untuk mahasiswa. 

Program studi cyber security ​​berfokus pada keamanan dunia maya dan teknik pengamanan. Pengetahuan profesional mahasiswa cyber security berfokus pada perancangan sistem keamanan dan sistem pengujian, dari serangan cyber hingga teknik defensif untuk serangan hacker yang sesuai dengan hukum.

Beberapa mata kuliah pilihan yang dapat diambil dalam jurusan cyber security, seperti mata kuliah pemrograman dasar, dasar-dasar keamanan komputer, algoritma dan pemrograman, analis keamanan jaringan, pemrograman jaringan, secure web programming, software security, dan sejenisnya.

Tertarik untuk bekerja sebagai cyber security Indonesia. Terlebih lagi jika Anda baru saja lulus SMA. Segera daftarkan diri Anda pada IDS Digital College.