Tips Agar Seimbang Saat Kerja Sambil Kuliah


Jika anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang perkuliahan. Namun terkendala dengan keterbatasan ekonomi.  Bisa juga Anda dilatih mandiri oleh orang tua, untuk mencari biaya sendiri sebagai biaya kuliah. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menjalankan kerja sambil kuliah.  

Memang tidak mudah menjalankan 2 hal sekaligus. Pastinya membutuhkan manajemen waktu yang matang agar bisa menjalankan keduanya dengan seimbang. Anda bisa menyimak ulasan terkait tips-tips agar kerja sambil kuliah berjalan dengan seimbang. Tanpa membuat pusing kepala. 

1. Kuatkan Mental Anda, Sebab Telah Memilih Keduanya

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Pada umumnya, mahasiswa menjalani dan menghabiskan waktunya untuk kuliah, main, berorganisasi, nongkrong, shopping, dan yang lain. Namun, Anda menghabiskan sebagian waktu untuk bekerja di sela-sela perkuliahan.  Nah, pada waktu itu mental anda diuji. Apakah anda kuat dan bisa menjalani hari-hari anda seperti itu. 

2. Pilihlah Pekerjaan Paruh Waktu, Agar Kuliah Anda Tidak Terganggu 

Anda bisa bekerja dengan memilih pekerjaan yang waktunya dapat dibagi. Misal dengan anda menjadi seorang penulis, jualan online, menjadi guru les privat juga bisa. Dengan begitu anda tidak perlu bekerja setiap hari. Dengan catatan upah yang anda dapatkan bisa cukup untuk memenuhi kapasitas tambahan atau target yang anda inginkan. 

3. Tetap Jalankan Roda Organisasi Walaupun Anda Bekerja 

Mungkin Anda berpikir bahwa di saat kuliah dan kerja sampingan berjalan maka, rasanya tidak mungkin bagi Anda untuk bisa mengikuti organisasi. Namun sebagian mahasiswa berfikir bahwa tidak afdol jika tidak menjadi seorang aktivis ketika menginjak di bangku perkuliahan. Hal tersebut dapat diatasi jika, anda bisa membagi waktu antara kuliah, kerja, dan organisasi. Bagilah waktu secara seimbang.  Sebagai contoh, biasanya kegiatan organisasi ekstra dilakukan di malam hari di luar jam KBM. Jadi anda bisa mengatur jadwal kerja agar tidak bentrok dengan kegiatan organisasi. 

4. Meskipun Jadwal  Anda Padat, Jaga Kesehatan Adalah Hal Penting

Pasti lelah kan setiap hari harus bekerja dan kuliah? Namun itu adalah hal yang wajar. Tetaplah menjaga kesehatan agar anda tidak jatuh sakit. Anda perlu menerapkan hal-hal seperti berikut. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi, minum vitamin untuk membantu kestabilan tubuh, jangan lupa selalu berfikir positif agar tidak begitu pusing, rajinlah berolahraga, banyak minum air putih untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh anda.  

5.  Segeralah Mengerjakan Tugas  Kuliah 

Jangan jadikan rasa lelah saat anda pulang bekerja sebagai alasan untuk menunda mengerjakan tugas kuliah. Kalau Anda belum sempat mengerjakan tugas tersebut maka, kerjakan pagi hari sebelum berangkat ke kampus.  

6. Memanfaatkan Waktu Bekerja Untuk Memperbanyak Relasi 

Apakah anda tahu siapa orang yang akan menjadi rekan bisnis anda di esok hari? Maka dari itu anda perlu mencari sebanyak-banyaknya relasi mumpung masih ada kesempatan. Bisa jadi orang yang akan menjadi rekan kerja anda adalah orang-orang yang kenal dekat atau pernah kenal dengan anda. 

7. Penting Membangun Hubungan Dengan Bos, Mumpung Masih Bekerja 

Pastinya Anda jarang bertemu dengan si bos, karena bos anda sibuk mengurus pekerjaan yang lain. Namun, jangan sungkan untuk berkomunikasi dan menceritakan keadaan anda saat ini yang masih duduk di bangku kuliah. Mungkin anda bisa sedikit diberi waktu longgar ketika sedang bekerja. Misalnya, jika anda izin untuk libur karena ada kegiatan di kampus. Dengan begitu banyak kemungkinan bos anda akan memberi izin. 

Itu dia tips menyeimbangkan antara kerja sambil kuliah yang dapat anda aplikasikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Dan jangan lupa untuk mengambil kuliah di IDS Digital Collage. Kuliah di tempat ini menyediakan fasilitas untuk Anda yang juga bekerja, sehingga Anda bisa tetap kuliah sambil bekerja.