Informasi Biaya Kuliah Jurusan Psikologi di Universitas Indonesia

Jurusan Psikologi menjadi jurusan yang semakin diminati akhir-akhir ini seiring dengan semakin tingginya peluang kerja lulusannya. Pada SBMPTN tahun 2021, Jurusan Ilmu Psikologi Universitas Indonesia mendapatkan peminat yang sangat tinggi mencapai 2910 orang. Jumlah peminat yang tinggi tersebut menjadikan Jurusan Psikologi sebagai salah satu jurusan paling diminati di rumpun SOSHUM (Sosial Humaniora). Jika Anda berminat untuk masuk jurusan ini, ketahui juga biaya kuliah jurusan Psikologi. Berikut ini adalah informasi mengenai biaya pendidikannya:

Biaya Pendidikan Program Sarjana Reguler

Ada tiga program sarjana yang ditawarkan pada calon mahasiswa. Program sarjana yang pertama adalah Program Sarjana Reguler. Sama seperti jurusan lainnya, program Sarjana Reguler menerapkan Biaya Pendidikan Berkeadilan.

Biaya Pendidikan Berkeadilan adalah biaya pendidikan berdasarkan kemampuan orang tua atau penanggung jawab pendidikan. Jadi meskipun berada di jurusan yang sama, biaya pendidikan setiap mahasiswa bisa berbeda-beda karena disesuaikan kemampuan masing-masing.

Biaya Pendidikan Berkeadilan ini juga dikenal dengan istilah UKT (Uang Kuliah Tunggal). BPO-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) untuk Jurusan Psikologi dibagi menjadi 5 kelas. Biayanya berkisar antara Rp 0 sampai dengan Rp5.000.000,00 per semester.

Selain BPO-B yang disesuaikan kemampuan masing-masing mahasiswa, ada juga Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BPO-P). Biayanya berkisar antara Rp7.500.000,00 sampai dengan Rp17.500.000,00.

biaya kuliah jurusan psikologi

Mahasiswa yang kuliah di Program Pendidikan Reguler akan melakukan perkuliahan selama kurang lebih 8 semester. Banyaknya SKS yang harus ditempuh adalah 144 SKS. Sedangkan maksimal pendidikan yang bisa ditempuh adalah 12 semester atau 6 tahun. Jadi mahasiswa harus lulus sebelum semester ke 13.

Setelah menyelesaikan pendidikan 8 semester dengan jumlah 144 SKS, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Jika ingin menjadi psikolog, Anda harus melanjutkan ke jenjang Strata 2 Program Magister Profesi yang juga disediakan oleh Universitas Indonesia.

Biaya Pendidikan Non Sarjana Reguler

Pendidikan Non Sarjana Reguler ini juga dikenal dengan nama Program Sarjana Paralel. Sebenarnya Program Pendidikan S1 Paralel sama saja seperti Pendidikan Sarjana Reguler. Perbedaannya hanya terletak pada waktu perkuliahannya saja. Selain itu, Pendidikan Reguler memiliki batasan usia ijazah maksimal 3 tahun. Sedangkan Pendidikan Non Sarjana Reguler tidak ada batasan usia.

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan bisa memilih dua jalur masuk yaitu Program PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) serta SIMAK (Seleksi Masuk) untuk kelas paralel. Lama masa pendidikannya sama seperti Pendidikan Reguler yaitu 8 semester dan maksimal 12 semester. Begitu pula gelar pendidikannya juga Sarjana Psikologi (S.Psi).

Namun biaya Pendidikan Non Sarjana Reguler tidak bisa menerapkan sistem BPO-B. Artinya semua mahasiswa yang masuk kelas ini biaya pendidikannya sama. Biaya pendidikannya adalah Rp14.000.000,00 untuk BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan Rp16.000.000,00 untuk UP (Uang Pangkal).

Biaya Kelas Internasional

Jurusan Psikologi ini juga menawarkan kelas internasional untuk mendapatkan double degree. Pendidikan akan ditempuh selama 4 tahun yaitu 2 tahun di Indonesia dan 2 tahun lainnya di universitas luar negeri yang bekerja sama. Cara masuk ke kelas internasional yaitu melalui seleksi masuk SIMAK dan Talent Scouting. Sedangkan biaya kelas internasional untuk Jurusan Psikologi adalah Rp34.000.000,00 untuk BOP dan Rp20.000.000,00 untuk UP.

Itulah informasi mengenai biaya kuliah Jurusan Psikologi di Universitas Indonesia. Ada tiga jalur masuk yang bisa membantu Anda menjadi mahasiswa Psikologi yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Informasi lain mengenai Jurusan Psikologi bisa langsung Anda lihat di website www.psikologi.ui.ac.id