Kenali Cara Menilai Kualitas Perhiasan Berlian Wanita Berdasarkan Standar GIA

GIA (Gemological Institute of America) merupakan lembaga penilaian kualitas berlian yang digunakan di seluruh dunia. Semua perhiasan berlian wanita yang memiliki sertifikat GIA dijamin keasliannya. Selain menunjukkan keaslian perhiasan, sertifikat GIA juga bisa dipakai untuk melihat kualitas berlian. Jadi Anda tidak perlu meneliti sendiri saat membeli perhiasan. Cukup melihat sertifikatnya, Anda sudah bisa mengetahui apakah perhiasan worth it untuk dibeli atau tidak. 

Kriteria Penilaian Kualitas Perhiasan Berlian Wanita

Ada empat faktor yang digunakan untuk melihat kualitas perhiasan berlian. Empat faktor ini diciptakan oleh GIA hingga akhirnya dijadikan acuan di seluruh dunia. Adapun keempat kriteria tersebut yaitu:

1. Color

Kriteria penilaian pertama yaitu color atau warna berlian. Color sendiri merupakan tingkat transparansi pada sebuah berlian. Semakin transparan tentu saja akan semakin bagus dan bernilai tinggi. Level warna pada berlian ditunjukkan dengan skala D sampai Z.

Berlian dengan warna D paling bagus, sedangkan berlian Z paling rendah atau buruk. Berlian yang kualitasnya rendah berwarna kecoklatan atau kekuningan. Namun warnanya ini berbeda dengan berlian kuning dari fancy color diamond. Paling tidak Anda harus membeli perhiasan berlian dengan warna G atau H. 

2. Clarity

Clarity atau kejernihan merupakan karakteristik berlian yang ada pada bagian dalam dan luar dari berlian. Jadi untuk melakukan penilaian harus ada penelitian secara menyeluruh dari sisi luar dan dalam. Semakin sedikit karakteristik yang muncul, maka nilainya akan semakin tinggi.

Beberapa orang menyebut karakteristik tersebut dengan istilah inklusi. Inklusi adalah bintik yang muncul pada berlian. Berlian terbaik memiliki skala clarity F dan IF. Sedangkan berlian terendah memiliki skala I. Pastikan Anda membeli perhiasan dengan skala kejernihan antara VVS dan VS. Hindari level SI dan I karena membuat berlian tidak jernih.

3. Cut

Kriteria paling penting dari perhiasan berlian wanita adalah cut atau potongan berlian. Cut disini berbeda dengan bentuk potongan berlian seperti round, oval, pear, dan lain-lain. Potongan berlian adalah polesan, proporsi, dan simetri pada potongan yang dilakukan. 

Semakin presisi, maka akan semakin bagus karena kilaunya semakin sempurna. Berbeda dengan color yang tidak harus sempurna, Anda sebaiknya memilih perhiasan dengan cut terbaik. Pasalnya cut sangat berpengaruh pada keindahan berlian. Selain itu, bentuk potongan berlian yang dinilai presisi adalah round cut diamond.

4. Carat

Kriteria terakhir yang menentukan kualitas perhiasan berlian adalah carat weight atau berat karat. Tidak seperti emas yang menunjukkan kemurnian, carat weight menunjukkan bobot berlian. Bobot bukan besar berlian. Jadi berlian ukurannya sama belum tentu beratnya sama.

Nilai dari satu carat sama dengan 0,200 gram. Ada juga yang menuliskannya dalam bentuk poin. Satu carat sama dengan 100 poin. Semakin besar angka pada carat berlian maka akan semakin mahal. Namun pada umumnya ukurannya juga semakin besar. Meskipun tidak semuanya demikian.

Rekomendasi Perhiasan Wanita Terbaik dari The Palace

Tidak semua toko berlian di pasaran menggunakan sertifikat GIA. Jika ingin jaminan kualitas dan keaslian, pilih The Palace yang memakai sertifikat dari GIA. Beragam perhiasan wanita dihadirkan mulai dari cincin, anting, gelang, kalung, dan lain sebagainya.

Koleksinya terdiri dari perhiasan berdesain simple sampai mewah. Rekomendasi perhiasan simple dan terjangkau adalah Moela Collection, Kasmaran Collection, dan Black Enamel Collection. Sementara perhiasan mewahnya ada banyak seperti Rasi Collection, Flamma Collection, Nusantara Collection, dan lain-lain. Lihat koleksi lengkap perhiasan berlian wanita The Palace di website resmi.